Dampak Positif dan Negatif Sering Mengkonsumsi Makanan Beku

Kalau anak jaman sekarang terbiasa memakan makanan siap saji, apalagi di restoran yang menyajikan makanan cantik. Sedikit dari mereka tidak tau bahwa bahan makanan tersebut dari hasil makanan beku, anak muda gen-Z biasa hanya memesan lalu memotret makanan tersebut dengan aplikasi edit foto agar aesthethic. Lalu apa makanan beku itu sendiri? Makanan beku atau frozen food pada umumnya mengandung pengawet, perasa sintesis, natrium dan bahan tidak menyehatkan lainnya. Namun jika dikatakan makanan beku tidak sehat itu juga sebenarnya salah. Berikut ini kita akan memberikan tentang dampang positif dan negatif dari makanan beku.

Dampak Positif dan Negatif Sering Mengkonsumsi Makanan Beku

Dampak Positif

  • Makan lebih banyak buah dan sayuran

Banyak sebagain orang malas untuk memakan buah dan sayur karna keduanya cepat busuk, mahal, dan jarang tersedia dirumah. Namun dengan membeli buah dan sayur yang beku alasan apapun tidak berlaku karna itu berarti anda akan mudah mencapai asupan untuk mengkonsumsi buah dan sayaur setiap hari yang direkomendasikan oleh para ahli.

  • Mengkonsumsi lebih banyak mikronutrien

Produk segar yang dibeli di pasar atau supermarket akan menghilangkan vitamin selama masa penyimpanan. Karena produk tersebut sudah melalui proses pengemasan, pengiriman, dan dipajang selama berhari-hari. Namun, buah dan sayuran beku dapat membantu untuk mempertahankan konsentrasi nutrisi yang cukup tinggi. Menurut para peneliti, buah dan sayuran yang dibekukan akan mengandung vitamin yang jauh lebih besar dibanding dengan produk yang segar.

Dampak Negatif

  • Meningkatkan tekanan darah

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa lebih dari 70% natrium yang dikonsumsi orang berasal dari makanan olahan, termasuk makanan beku. Studi American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makanan beku rata-rata mengandung 935 miligram sodium, yang setara dengan 40% dari asupan harian yang direkomendasikan. Apa dampak negatif dari asupan natrium yang tinggi? Yup, benar sekali : tekanan darah tinggi.

  • Membebani jantung

Efek samping dari mengkonsumsi makanan beku adalah dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Frozen food yang cepat saji mengandung banyak lemak jenuh yang dapat merugikan jantung dan bahan pengawet termasuk natrium yang dapat membuat tekanan darah melonjak.

Jadi bagi kali pencinta makanan yang beku pandai – pandailah dalam memilih produk makanan yang ingin di konsumsi agar tidak berdampak buruk untuk kesahatan tubuh kita. Namun jika makanan beku tersebut buah dan sayur tentu itu tidak masalah karna di dalam buah dan sayur memiliki banyak sekali gizi yang sangat baik untuk tubuh. Namun jika makan beku yang kalian konsumsi itu adalah makanan cepat saji yang banyak mengandung bahan pengawet sebaiknya jangan terlalu berlebihan untuk di konsumsi, karena dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post